Pages

Daftar Blog Saya

Daftar Blog Saya

Diberdayakan oleh Blogger.

Daftar Blog Saya

Pengikut

Senin, 04 Agustus 2014

RPP NARRATIVE FABLE KELAS 8 SMTER 2

Posted by Unknown | Senin, 04 Agustus 2014 | Category: |



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : SMP                                                 
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/semester           : VIII / 2 (dua)
Materi Pokok             : Teks narrative lisan dan tulis, berbentuk fabel pendek dan sederhana
Alokasi Waktu           : 1 pertemuan (2JP)

KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

A.      Kompetensi Inti
B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.




2.

1.1




2.2

Mensyukuri  kesempatan  dapat mempelajari  bahasa  Inggris  sebagai bahasa  pengantar komunikasi internasional  yang  diwujudkan  dalam semangat belajar.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
1.1.1        Berpartisipasi aktif dalam      kegiatan pembelajaran



2.2.1    Mengembangkan perilaku percaya diri dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman
   
3
3.14




Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks narrative berbentuk fabel indonesia dan legenda indonesia, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.14.1 Menentukan tujuan komunikatif teks;
3.14.2    mengidentifikasi stucture teks ;
4.

4.18




Menangkap makna teks narative lisan dan tulis, berbentuk fabel indonesia dan legenda indonesia pendek dan sederhana penggunaannya
4.18.1  Menangkap sifat dan ciri ciri teks narrative fabel/legend indonesia secara lisan dengan akurat lancar dan berterima;
4.18.2   menangkap sifat dan ciri ciri teks narrative fabel  / legand indonesia secara tertulis denagn akurat lancar dan berterima;
4.18.3   mengungkapkan sifat dan ciri teks narrative fabel/legend indonesia secara tertulis dengan akurat lancar dan berterima.

C.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1.      Berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran bahasainggris
2.      Memiliki saifat tanggung jawab terhadap tugas yang di berikan guru
3.      Menjawab beberapa pertanyaan dari pengamatan sebuah video
4.      Membaca sebuah teks pendek tentang fabel
5.      Mencari informasi mengenai teks pendek tentang fabel
6.      Membaca cetita fabl kemuadian memilih salah satu untuk di cveritakan kembali di depan kelas
7.      Memahami guneric structure tentang text narrative fabel
8.      Mengidentifikasi generic stucture sebuah teks secara berkelompok
9.      Membuat sebuah teks fabel pendek sederhana sesuai generic structure berdasarkan cerita yang di pilih
10.  Menceritakan kembali teks tersebut di depan kelas.

D.      Materi Pembelajaran 
Fungsi Sosial  : Memperoleh hiburan, menghibur dan mengajarkan nilai-nilai luhur melalui cerita dengan tokoh binatang.
Struktur Teks       :   
·         Orientasi: menyebutkan tempat dan waktu dan memperkenalkan tokoh-tokohnya
·         Evaluasi: terhadap masalah yang dihadapi tokoh
·         Komplikasi: muncul krisis
·         Resolusi: krisis berakhir secara baik atau tidak baik bagi tokoh
Unsur Kebahasaan: 
·      Deskripsi orang, benda, dan uraian kejadian/peristiwa, dan ungkapan perasaan, dalam past tense atau present tense
·      Kalimat langsung dan tidak langsung
·      Adverbia penghubung waktu: first, then, after that, before, dsb.
·      Adverbia dan frasa preposisional penujuk waktu: a long time ago, one day, in the morning, the next day, immediately, dsb.
·      Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
·      Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
Topik:  Cerita yang memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, jujur, peduli, pola hidup sehat, dan ramah lingkungan.

E.       Metode Pembelajaran
1.         Scientific approach

F.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Media
Gambar Fabel, LCD Proyektor
2.         Alat
Spidol warna, papan tulis, kertas.
3.         Sumber Pembelajaran
·      Buku Teks wajib
·      Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi interpersonal dengan benar dan akurat
·      Contoh peragaan dalam bentuk  rekaman CD/VCD/ DVD/kaset
·      Contoh teks tertulis
·      Sumber dari internet:

G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    
Pendahuluan (10 menit)
Tahap
Kegiatan
Salam Tegur Sapa
1)      Guru memberi salam (greeting);
2)      Guru memeriksa kehadiran siswa;
3)      Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran;
4)      Guru menggali pengetauhan siswa tentang materi yang akan di ajarkan (appersepsi) dan memberikan motivasi kepada siswa
5)      Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai;
6)      Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai  silabus.
Kegiatan inti (60 menit)
Observing


Questioning




Assosiating



Experimenting




Creating

Networking
-  Siswa mengamati beberapa video tenteng cerita fabel dan menjawab pertanyaan sesuai dengan video (Task 1)
-  Dengan bimbingan dan arahan guru siswa mempertanyakan perbedaan antar berbagai fabel dalam berbagai konteks (Task 2)
-  Siswa membaca contoh contoh fabel dari berbagai sumber lain (Task 3)
-  Siswa menceritakan kembali teks naratif berbentuk fabel yang dibacanya/di dengarnya menggunakan Bahasa Inggris dalam kegiatan lain yang terstruktur (Task 3)
-  Siswa mempelajari generic structure sebuah teks narratyive fabel.
-  Dalam kerja kelompok terbimbing siswa menganalisis generic structure yang terdapat dalam teks narratif berbentuk fabel (Task 4)
-  Siswa membuat draft dari salah satu gambar fabel yang terpopuler di Indonesia ( Task 5)
-  Siswa mempresentasikan hasil paragraf tentang fabel di depan kelas (Task 6)
Penutup (10 menit)
Refleksi





Follow up
1)      Peserta didik dan guru melakukan refleksi dan evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
2)      Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3)      Guru memberikan penugasan berupa tugas mandiri
4)      Peserta didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5)      Peserta didik dan guru mengucapkan salam perpisahan.





H.      Penilaian
1.    Sikap spiritual
Rubrik Penilaian Sikap:Berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran (Kompetensi Inti 1)
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Hadir dalam kegitan pembelajran




2
Melaksanakan apa yang di perintahkan guru




3
Bertanya kepada guru




4
Menjawab pertanyaan dari guru




5
Mengerjakan dan mengumpulkan tugas tepat waktu




Jumlah Skor




kriteria :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dansering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

2.    Sikap sosial
Rubrik Penilaian Sosial: Percaya diri (Kompetensi Inti 2)
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berani presentasi di depan kelas




2
Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan




3
Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu




4
Mampu membuat keputusan dengan cepat




5
Tidak mudah putus asa/pantang menyerah




Jumlah Skor




kriteria :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dansering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

3.    Pengetahuan
Rubrik Penilaian Pengetahuan (Kompetensi Inti 3)
·         Oral

No

Aspek yang dinilai

Skor

Rubric

1.
Vocabulary

3
Penggunaan kosa kata luas dan tepat
2
Penggunaan kosa kata cukup luas dan tepat
1
Penggunaan kosa kata kurang luas dan tepat
2.
Keseksamaan

3
Siswa mendengarkan materi dengan seksama
2
Siswa kurang mendengarkan materi dengan seksama
1
Siswa tidak mendengarkan materi dengan seksama

·         Tulis
Bentuk       : Objective question True of False
                               Tiap jawaban benar          :  12,5
                               Jumlah skor maksimal      :  8 X 12,5  = 100
            Bentuk       : Find the generic structure
                               Tiap jawaban benar          :  20
                               Jumlah skor maksimal      :  5 X 20  = 100

4.    Keterampilan
Rubrik Penilaian Ketrampilandan praktek (Kompetensi Inti 4 )
BERBICARA

No

Aspek yang dinilai

Skor

Rubric
1.
Ucapan dan Intonasi
3
Sangat jelas, dengan mudah dimengerti
2
Kurang jelas, kurang bisa dimengerti
1
Tidak jelas, tidak dapat dimngerti
2.
Kosa kata dan isi cerita

3
Isi cerita sesuai dan penggunaan vocab  dan pronounciation tepat
2
Isi cerita kurang sesuai dan penggunaan vocab dan pronounciation kurang tepat
1
Isi cerita tidak sesuai dan penggunaan vocab dan pronounciation tidak tepat
3.
Pernampilan

3
Penampilan (expresi, sikap, dan gesture) sangat baik
2
Penampilan (expresi, sikap, dan gesture) kurang baik
1
Penampilan (expresi, sikap, dan gesture) tidak baik

MENULIS

No

Aspek yang dinilai

Skor

Rubric

1.
Diksi
3
Penggunaan tanda baca, grammar dan vocab tepat
2
Penggunaan tanda baca, grammar dan vocab kurang tepat
1
Penggunaan tanda baca, grammar dan vocab tidak tepat
2.
Isi

3
Isi sesuai dengan tema (permodelan)
2
Isi kurang sesuai dengan tema (permodelan)
1
Isi tidak sesuai dengan tema (permodelan)

...................., .............................. 20... 
Mengetahui                                                                
Kepala SMP...                                                             Guru Mata Pelajaran



_______________________                                      _________________________
NIP. ...                                                                                     NIP. ....

Currently have 0 komentar:


Leave a Reply